about me

Foto saya
blog untuk belajar tentang forex

Selasa, 08 Juli 2014

8 - 9 Juli 2014 : Manufacturing Production Inggris Dan CPI China

Selasa, 8 Juli 2014 :
Jam 14:15 WIB
: data CPI Swiss bulan Juni 2014 (Berdampak medium pada CHF)
CPI adalah indikator utama guna mengukur tingkat inflasi di Swiss, dan karena perekonomian Swiss tidak sebesar negara-negara mata uang utama lainnya, maka data yang dirilis adalah CPI total (termasuk konsumsi makanan dan bahan bakar) dan tidak ada kategori CPI inti (Core CPI) seperti pada umumnya negara lain. Dimasa lalu Swiss franc dikenal reputasinya sebagai mata uang yang anti inflasi dan safe haven currency, tetapi saat ini justru deflasi sedang mengancam Swiss walau tidak separah di Jepang. Suku bunga Swiss National Bank (SNB) adalah yang terendah setelah Bank of Japan (BoJ).

Dalam 4 bulan terakhir tingkat inflasi di Swiss kembali positif setelah beberapa bulan sebelumnya selalu negatif. Bulan Mei lalu CPI total naik 0.3%, lebih tinggi dari perkiraan 0.2% dan bulan April yang 0.1%. Untuk bulan Juni 2014 diperkirakan CPI total akan kembali naik 0.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CHF.

Jam 15:30 WIB: data Manufacturing Production dan Industrial Production Inggris bulan Mei 2014 (Berdampak tinggi pada GBP)
Data Manufacturing Production biasanya lebih berdampak dibandingkan Industrial Production yang dirilis pada waktu yang bersamaan. Sektor manufaktur sangat erat hubungannya dengan tenaga kerja, tingkat pendapatan dan tingkat pengeluaran konsumen. Manufacturing Production atau Factory Production adalah leading indicator bagi laju perekonomian Inggris pada umumnya dan sektor ini di Inggris mempunyai porsi sekitar 80% dari total output produksi, oleh karenanya data ini lebih berdampak. Sektor industri mencakup pertambangan serta jenis industri lain yang non-manufaktur. Rilis data berupa persentasi perubahan dibandingkan bulan sebelumnya.

                                             

Bulan April lalu produksi sektor manufaktur Inggris meningkat 0.4%, sesuai dengan perkiraan tetapi lebih rendah dari bulan Maret yang naik 0.5%. Industrial production juga naik 0.4%, sesuai dengan perkiraan dan lebih tinggi dari bulan Maret yang naik 0.1%. Untuk bulan Mei 2014 diperkirakan Manufacturing Production akan kembali naik 0.5% dan Industrial production akan naik 0.3%. Hasil rilis yang lebih besar dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.
(Baca juga: Trading GBP/USD Dengan Manufacturing Production Inggris 8 Juli 2014)

Jam 21:00 WIB: data Job Openings and Labor Turnover Summary (JOLTS) AS bulan Mei 2014 (Berdampak medium pada USD)
Data yang dirilis setiap bulan oleh biro statistik tenaga kerja AS ini mengukur jumlah lapangan pekerjaan baru yang tersedia di seluruh AS diluar sektor pertanian selama kurun waktu sebulan. Informasi jenis pekerjaan baru tersebut bisa diperoleh dari Job Fair yang diadakan secara rutin di seluruh negara bagian. Meski dirilis sebulan lebih lambat dari perubahan jumlah tenaga kerjanya (Non-Farm Payrolls), tetapi akhir-akhir ini dampaknya semakin kelihatan karena dianggap sebagai leading indicator bagi kondisi tenaga kerja secara keseluruhan.

Seiring dengan kenaikan data Non-Farm Payrolls di bulan April lalu, ketersediaan lapangan pekerjaan di AS pada bulan tersebut naik ke angka 4.46 juta dibandingkan Maret yang 4.17 juta. Angka ini lebih tinggi dari perkiraan 4.04 juta dan yang tertinggi dalam 6 bulan terakhir. Dengan terus membaiknya pasar tenaga kerja di AS, analis memperkirakan ketersediaan lapangan kerja bulan Mei akan naik ke angka 4.53 juta. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung memperkuat USD.

Jam 21:00 WIB: Estimasi GDP Inggris oleh National Institute of Economic and Social Research (NIESR) bulan Juni 2014 (Berdampak medium pada GBP)
Data ini adalah prediksi GDP bulanan Inggris yang secara formal dirilis tiap kwartal. Rilis data ini kadang-kadang bisa berdampak tinggi. Bulan Mei lalu diprediksi GDP Inggris tumbuh 0.9%, lebih rendah dari prediksi April yang 1.1%. Untuk rilis bulan Juni 2014 pasar tidak memberikan perkiraan, dan jika rilis data perkiraan lebih besar dari bulan sebelumnya (0.9%) maka akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Rabu, 9 Juli 2014 :
Jam 07:30 WIB
: indeks Westpac Consumer Sentiment Australia bulan Juli 2014 (Berdampak medium pada AUD)
Data yang dirilis oleh Westpac Banking Corporation ini sering disebut juga dengan Westpac Consumer Confidence. Hasil rilis menunjukkan persentasi perubahan dari rilis sebelumnya. Data ini dibuat berdasarkan survey terhadap 1200 konsumen mengenai tingkat kondisi perekonomian Australia yang akan datang, kondisi tenaga kerja dan iklim bisnis, dan adalah indikator awal untuk pengeluaran konsumen.

Bulan Juni lalu angka kepercayaan konsumen ini naik ke angka 0.2% dibandingkan bulan Mei yang -6.8%. Untuk bulan Juli 2014 analis tidak memberikan perkiraan, dan jika hasil rilis lebih besar dari persentasi perubahan data sebelumnya (0.2%) maka akan cenderung memperkuat AUD.

Jam 08:30 WIB
: data CPI China bulan Juni 2014 (year over year) (Berdampak tinggi pada AUD dan CAD, berdampak medium pada NZD dan EUR)
Indikator CPI mengukur perubahan harga barang dan jasa ditingkat konsumen yang lazim dibuat rujukan sebagai tingkat inflasi. Data yang berdampak adalah CPI total year over year (y/y). China adalah partner dagang utama Australia dan Canada, dan tingkat inflasi China yang tinggi akan membuat bank sentral China menerapkan uang ketat yang akan berdampak negatif pada AUD dan CAD. Sebaliknya tingkat inflasi China yang rendah akan berdampak positif pada kedua mata uang komoditi tersebut.

Disamping itu NZD dan EUR juga akan terkena dampak mengingat China adalah salah satu tujuan utama ekspor negara-negara kawasan Euro dan Selandia Baru. Untuk bulan Juni 2014 diperkirakan CPI total China (y/y) akan kembali naik 2.4% dibandingkan Mei yang juga naik 2.5%.
Seperti telah disebutkan sebelumnya hasil rilis yang lebih kecil dari perkiraan akan cenderung memperkuat AUD dan CAD dan berdampak positif pada NZD dan EUR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar