about me

Foto saya
blog untuk belajar tentang forex

Selasa, 22 Juli 2014

Kata Kata Bijak Trader Bruce Kovner

Bruce Kovner, salah seorang milyarder AS dan salah satu superstar trading di Commodities Corporation (sekarang bagian dari Goldman Sachs) menjawab berbagai pertanyaan mengenai rahasia suksesnya setelah hampir 30 tahun berkecimpung dalam dunia trading. Dalam buku ‘Market Wizards’, Kovner menjawab berbagai pertanyaan dari Jack Schwager, trader sekaligus penulis buku best seller tersebut. Berikut ini beberapa petikannya:

                                                         

Tentang aturan pertama dalam trading:
“Mungkin ada banyak aturan pertama dalam trading, tetapi menurut pendapat saya, aturan pertama dalam trading adalah jangan masuk pasar pada situasi ketika Anda merasa akan mengalami kerugian besar karena berbagai alasan yang Anda tidak mengerti.”

Tentang kemungkinan memperoleh keuntungan jutaan dollar:
Michael Marcus mengajarkan kepada saya satu hal yang luar biasa. Ia meyakinkan saya bahwa saya bisa profit jutaan dollar, bukan sekedar mungkin bisa atau akan bisa. Ia mengatakan bahwa jika saya menerapkan semua pengetahuan yang saya miliki dengan benar, maka hal itu bisa terjadi.

Sangat mudah untuk lupa bahwa kamu benar-benar bisa melakukannya (memperoleh keuntungan jutaan dollar). Dia menunjukkan pada saya bahwa jika kamu mengambil posisi dan menerapkan disiplin, maka kamu benar-benar bisa melakukannya."

Tentang unsur sukses dalam trading:
“Saya kurang yakin trader bisa merumuskan dengan jelas mengapa sebagian trader bisa sukses sedang sebagian yang lain tidak. Bagi saya ada 2 unsur penting. Pertama, saya bisa membayangkan kondisi atau struktur dunia yang berbeda dari sekarang, dan saya percaya hal itu akan terjadi. Saya bisa membayangkan harga kedelai akan menjadi 2 kali lipat dari sekarang atau USD yang jatuh hingga 100 Yen (waktu itu USD/JPY masih diatas 100). Kedua, saya selalu disiplin dengan rencana trading dan selalu berpikir rasional meskipun dalam keadaan tertekan.

Untuk bisa sukses dalam trading, Anda harus kuat, independen, dan kadang berlawanan dengan trader pada umumnya. Maksud saya, Anda harus berani mengambil posisi yang kebanyakan trader tidak berani mengambilnya. Tetapi Anda harus disiplin dengan ukuran trading, jangan serakah atau terlalu yakin, hal itu akan membuat Anda lupa diri dan jatuh.”

Tentang pentingnya prediksi atau pandangan terhadap kondisi pasar :
“Saya selalu trading berdasarkan pandangan atau prediksi saya mengenai keadaan pasar. Saya tidak masuk pasar begitu saja hanya berdasarkan informasi analisa teknikal. Saya akui analisa teknikal memang hebat, tetapi saya tidak akan masuk pasar sebelum tahu benar mengapa pasar bergerak seperti itu.

...Banyak trader yang tahu lebih banyak daripada saya. Saya hanya mengumpulkan semuanya (pengetahuan orang-orang yang lebih tahu) dan mengambil kesimpulan. Pasar biasanya menang karena ada orang-orang yang lebih tahu daripada kamu.”

Anda trading pada saham dan komoditi, apa bedanya?
“Pasar saham sangat berjangka pendek, maksud saya trend bisa berubah dalam waktu yang singkat. Setelah naik hingga suatu level tertentu, harga biasanya akan turun. Pasar komoditi digerakkan murni oleh permintaan dan penawaran terhadap produk-produk komoditi tersebut. Jika persediaan komoditi tertentu sedang langka harga memang benar-benar naik, dan biasanya pasar akan dalam kondisi uptrend hingga waktu yang cukup lama.”

Sumber : www.mercenarytrader.com : Wisdom From Kovner

6 komentar:

  1. Memang benar bila sebelum memasuki pasar, sudah ada perasaan was-was atau kawatir, justru nanti biasanya akan kejadian. jadi lebih baik trading dilain waktu tunggu kondisi psikologis baik dan bisa menganalisa dengan jernih. thanks infonya, sangat berguna.


    info seputar forex di www.gainscopefx.com/fx/

    BalasHapus
  2. aturan trading yang sangat bagus dan susah dijalankan karena banyak juga trader yang memaksakan diri masuk market dengan ketidakyakinan dalam memprediksinya, saya sendiri perndah mendapatkan mc di octafx , untung saja depositnya tidak terlalu besar dan memberatkan

    BalasHapus
  3. sebuah bisnis yang akan terpengaruh pada kesuksesan yaitu dengan cara belajar bagai mana cara resiko nya untuk kita kelola dengan baik, dan upayakan dalam selalu untuk terus belajar dalam meningkatkan kemampuan trading agar di saat akan berinvesatasi pada real acoountnya bersama centroFX akan bisa keuntungan didapatkan

    BalasHapus
  4. persiapan dalam melakukan trading memang harus kita lakukan sebeblum melakukan trading, dengan persiapan kita lakukan maka akan bisa dengan menguntungkan di saat akan melakukan bisnis forex ini bersama centroFX

    BalasHapus
  5. menyusun strategi yang baik pastinya kita harus tau juga dalam melakukan pemanfaatan buat dapetin ptofit yang konsisten

    BalasHapus
  6. hal yang pertama yang harus dilakukan dalam bisnis forex ini trader harus memperhatikan resikonya, karena resiko forex ini sangat tinggi. dan upayakan juga agar trader selalu belajar dan berlatih di akun demo broker gainscopefx agar bisa paham serta mengeti cara tradingnya. sehingga bisa konsisten untuk menghasilkan keuntungan.

    BalasHapus